Jun 13, 2009

Penjualan Pulsa

Akhirnya kelar juga nich aplikasi, walau tujuan awal sebagai sarana belajar, tetapi kayaknya cukup pantas lah... kalau dipakai hanya untuk dokumentasi penjualan pulsa. Heheheheh kenapa kok cuman untuk dokumentasi ?, karena memang feature yang lebih lengkap seperti untuk rekapitulasi pendapatan, pertambahan nilai, dsb sementara saya lock hanya untuk versi yang berbayar. PERTANYAAN BESAR TIMBUL ??????? Loh..... kok, katanya tadi cuman project untuk belajar, kok ada sistem lock juga ????!!!!!!...... Yaa... iya lah... secara saya juga masih makan duit ckckckck.... paling tidak ini sarana saya mengabdi kepada Alloh yaitu Ikhtiar. Mungkin rejekinya di sini, karena saya belajar J2SE kan dalam rangka mempersiapkan pengetahuan untuk membuat aplikasi BMT, tetapi BMT mungkin hanya pengecoh yang diberikan oleh Alloh! kan siapa tahu!!!!......
BTW langsung mbahas aplikasi ajah!!!!. Jadi untuk menjalankan aplkisi ini paling tidak butuh 2 software pembantu yaitu J2RE minimal v5.0 atau 1.5.0 dan MySQL minimal versi 5.1. Setelah ke 2 software pembantu tersebut terinstallasi, pastikan path software dikenali oleh sistem, dengan masukan absolute bin path ke dalam Environment Variables Windows. Untuk mengenali apakan bin path aplikasi telah masuk ke Environment Variables Windows bisa ketikan pada command prompt:

#java -> untuk mengetest java bin
#mysql -> untuk mengetest mysql bin

jika salah satu atau kedua perintah tersebut tidak ditanggapi oleh windows lakukan setting pada "System Properties" control panel, kemudian pilih tab "Advances", pilih "Environment Variables", pada bagian "System variables" cari "Path", kemudian edit dan masukan path dari software yang belum terdeteksi.
Setelah persiapan sistem operasi Windows selesai, download aplikasi penjualan di sini, exctract, dan click 2 kali pada run.bat untuk menjalankan aplikasi. Pada saat pertama kali dijalankan, aplikasi akan menampilkan pesan bahwa database tidak dapat dihubungi atau aplikasi belum terinstallasi. Click pada menu "Help" kemudian pilih sub menu "Install", click tombol "Start Installation", bila semua status installasi pada "Pass" berarti installasi berhasil, dan aplikasi harus segera di restart.

Demikian semoga bermanfaat.

Installasi Aplikasi






Screenshoot








NB
- Pastikan installasi MySQL tidak mensetting password root, atau root mempunyai password kosong.
- Username dan password aplikasi adalah admin (tidak bisa dirubah).
- Aplikasi penjualan pulsa (free version) menggunakan database MySQL pada localhost secara penuh, sehingga akan mendelete semua database dan user lain yang sudah ada yang mungkin digunakan oleh aplikasi lain.
Anonymous said...

pak, gimana menurut sampeyan pembuatan aplikasi desktop menggunakan java ?, apa tidak lambat pak ?, terus GUI dari aplikasi SWING kayaknya tampilane kurang mantap ya...?, ada alasan kenapa kudu menggunakan java pak ? gak pake .NET aja

NR Technology said...

Anonime -> udah di download belum aplikasinya ????... klo aplikasiku mantap tuh.... heheheheheh....
Menurutkau masalah GUI itu hanya masalah kebiasaan dan penempatan saja. Java kan harus independence ke semua sistem operasi, jadi dia harus bisa memilaih-milah mana yang spesifik dan umum ada di sistem operasi, tapi pada dasarnya java bisa dicustom kok GUI-nya.
Klo Java dengan .Net saya mending Java karena gratis dan banyak macam IDE, cuman .Net juga asik karena hampir bisa dikatakan jalan native di windows, tru berjalan lebih cepat jadi saya mending .Net (bingung kono kowe). Java dan .Net tergantung penampatan lah... sesenenge.

traffic said...

username dan password aplikasinya apa pak? saya pake admin kok tidak bisa,,, makasih

NR Technology said...

Username : admin
Password : admin
Klo gak bisa coba ingat-ingat lagi, apakah pada saat proses installasi semua step telah "Pass", kalau memang installasi gak ada masalah apakah pada pada menu file udah terdapat sub menu login, klo ada coba dech uninstall MySQL-nya trus install ulang MySQL untuk memasukan database baru. Klo gak berhasil juga coba email ke wawan_redhat@yahoo.com biar bisa ngobrol lebih intens

Anonymous said...

link-nya mana pak?

aank said...

Pak kalau databasenya apa saja

NR Technology said...

Maaf itu aplikasi udah lama sekali. saya lupa :D

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search